Cara Buat Aquarium TV Bekas

Hello Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh, pembaca yang budiman. Aquarium adalah salah satu hobi yang populer saat ini. Selain menambah keindahan ruangan, aquarium juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan kita. Namun, untuk membuat aquarium bisa memakan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan memberikan panduan tentang cara membuat aquarium dari TV bekas secara ekonomis.

Pertama-tama, carilah TV bekas yang masih dalam kondisi baik. Pastikan layar televisi tersebut tidak pecah, dan tidak ada kerusakan pada bagian dalam televisi. Setelah itu, buka bagian belakang televisi. Lalu, lepaskan semua komponen yang ada di dalamnya seperti kabel, papan sirkuit, dan lain sebagainya. Bersihkan bagian dalam televisi tersebut dengan hati-hati.

🔥 TRENDING :  Cara Memperbaiki Antena TV yang Rusak

Selanjutnya, pasang kaca di dalam televisi. Kaca yang digunakan dapat berupa kaca tempered, kaca anti gores, atau kaca laminasi. Kaca tersebut perlu dipotong sesuai dengan ukuran layar televisi yang sudah dicopot. Pastikan kaca tersebut pas dan tidak bergeser pada bagian dalam televisi.

Setelah itu, paku kayu pada bagian dalam televisi tepat di sekitar kaca. Pastikan kayu tersebut aman dan tidak akan bergeser pada bagian dalam televisi. Kemudian, tambahkan silikon pada bagian dalam televisi yang sudah diberi kayu. Silikon tersebut berfungsi untuk menambal celah antara kaca dan kayu pada bagian dalam televisi. Biarkan silikon mengering selama beberapa jam.

Langkah berikutnya adalah menambahkan air dan perlengkapan di dalam televisi. Tambahkan air bersih dalam televisi hingga mencapai setengah dari tinggi kaca. Kemudian, tambahkan perlengkapan seperti pasir, tanaman air, dan ikan. Pastikan perlengkapan tersebut disusun dengan rapi dan sesuai dengan kebutuhan ikan yang ingin dipelihara.

🔥 TRENDING :  Cara Cepat Mendapatkan Uang di Cube TV

Kelebihan dari membuat aquarium dari TV bekas adalah dapat menghemat biaya. Selain itu, aquarium dari TV bekas juga memiliki desain yang unik dan tidak umum. Namun, ada juga kekurangan dari cara ini. Aquarium dari TV bekas tidak cocok untuk ikan yang membutuhkan tempat yang luas karena ukurannya yang terbatas.

Alternatif lain untuk membuat aquarium adalah dengan menggunakan bahan lain seperti kaca atau akrilik yang dibentuk menjadi wadah. Namun, alternatif ini memerlukan biaya yang lebih besar dan membutuhkan keterampilan khusus.

FAQ

1. Apakah semua jenis TV bekas bisa dijadikan aquarium?

Tidak, hanya TV bekas yang masih dalam kondisi baik yang dapat dijadikan aquarium. Pastikan layar televisi tidak pecah dan tidak ada kerusakan pada bagian dalam televisi.

🔥 TRENDING :  Cara Memasang Speaker Aktif di TV LED

2. Apa bahan yang bisa digunakan untuk membuat wadah aquarium?

Bahan yang bisa digunakan adalah kaca atau akrilik. Namun, menggunakan kaca atau akrilik memerlukan biaya yang lebih besar dan membutuhkan keterampilan khusus.

3. Apa saja perlengkapan yang diperlukan untuk membuat aquarium?

Perlengkapan yang diperlukan antara lain pasir, tanaman air, filter, pompa udara, dan ikan.

Itulah tadi cara membuat aquarium dari TV bekas secara ekonomis. Meskipun membutuhkan usaha lebih, namun hasilnya akan sangat memuaskan. Dengan mengikuti panduan yang kami berikan, Anda dapat membuat aquarium sendiri dengan mudah. Namun, pastikan untuk memperhatikan kebutuhan ikan yang ingin dipelihara. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.