Cara Ganti DNS Windows 10

Salam pembaca! Saya yakin banyak dari Anda yang ingin tahu bagaimana cara mengganti DNS di Windows 10. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara melakukan hal tersebut. Jadi, jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita mulai!

1. Buka Pengaturan

Langkah pertama untuk mengganti DNS di Windows 10 adalah dengan membuka pengaturan. Anda dapat melakukannya dengan mengklik ikon “Start” di pojok kiri bawah layar Anda, lalu pilih “Settings”.

2. Pilih “Network & Internet”

Setelah membuka pengaturan, Anda akan melihat beberapa opsi. Pilih opsi “Network & Internet” untuk melanjutkan.

3. Pilih Koneksi Jaringan Anda

Di bagian “Network & Internet”, Anda akan melihat beberapa opsi koneksi jaringan. Pilih koneksi jaringan yang Anda gunakan, misalnya “Wi-Fi” atau “Ethernet”.

4. Buka “Properties”

Setelah memilih koneksi jaringan yang Anda gunakan, gulir ke bawah dan pilih “Change adapter options”. Kemudian, klik kanan pada koneksi jaringan yang ingin Anda ubah DNS-nya, lalu pilih “Properties”.

5. Pilih “Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)”

Dalam jendela “Properties”, cari opsi “Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)” dan centang kotak di sampingnya. Setelah itu, klik tombol “Properties” di bagian bawah jendela.

🔥 TRENDING :  Cara Nonton TV Online di HP Android

6. Ganti DNS

Sekarang, Anda akan melihat jendela “Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) Properties”. Di bagian bawah jendela, pilih opsi “Use the following DNS server addresses”. Kemudian, masukkan DNS yang ingin Anda gunakan ke dalam kotak yang tersedia.

Kelebihan dari mengganti DNS di Windows 10 adalah Anda bisa meningkatkan kecepatan dan keamanan koneksi internet Anda. Dengan memilih DNS yang lebih cepat dan andal, waktu muat halaman web dapat berkurang, dan Anda juga dapat menghindari situs-situs berbahaya.

Namun, ada juga beberapa kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan. Jika Anda memasukkan DNS yang tidak stabil atau tidak andal, Anda mungkin menghadapi masalah dalam mengakses beberapa situs web. Selain itu, jika Anda tidak yakin mengenai DNS yang aman, Anda perlu melakukan riset lebih lanjut untuk memastikan keandalannya.

7. Klik “OK” dan “Close”

Setelah Anda selesai memasukkan DNS yang ingin digunakan, klik tombol “OK” di jendela “Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) Properties”. Kemudian, klik “Close” untuk menutup jendela “Properties”.

8. Restart Koneksi Jaringan

Untuk menerapkan perubahan DNS, Anda perlu me-restart koneksi jaringan. Anda dapat melakukannya dengan mematikan dan menghidupkan kembali Wi-Fi atau Ethernet, atau Anda juga dapat me-restart komputer Anda.

9. Verifikasi Perubahan DNS

Setelah koneksi jaringan Anda terhubung kembali, Anda dapat memeriksa apakah perubahan DNS telah berhasil. Anda dapat membuka browser web dan mencoba mengunjungi beberapa situs web untuk melihat apakah koneksi internet lebih cepat dan aman.

🔥 TRENDING :  Cara Restore Windows 10

10. Alternatif Lain

Selain mengganti DNS melalui pengaturan Windows 10, Anda juga dapat mengganti DNS melalui router Anda. Dengan mengubah DNS di router, semua perangkat yang terhubung ke jaringan Anda akan menggunakan DNS yang sama. Caranya berbeda-beda tergantung pada merek dan model router Anda, jadi pastikan Anda merujuk pada panduan pengguna yang disediakan oleh produsen router Anda.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah menunjukkan langkah-langkah tentang cara ganti DNS di Windows 10. Mengganti DNS dapat membantu meningkatkan kecepatan dan keamanan koneksi internet Anda. Namun, perlu diingat bahwa memilih DNS yang andal dan aman sangat penting. Selain itu, Anda juga dapat mengganti DNS melalui router Anda untuk mempengaruhi semua perangkat yang terhubung ke jaringan Anda.

LangkahDeskripsi
1Buka Pengaturan
2Pilih “Network & Internet”
3Pilih Koneksi Jaringan Anda
4Buka “Properties”
5Pilih “Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)”
6Ganti DNS
7Klik “OK” dan “Close”
8Restart Koneksi Jaringan
9Verifikasi Perubahan DNS
10Alternatif Lain

FAQ

1. Apakah saya harus mengganti DNS di Windows 10?

Tidak, mengganti DNS di Windows 10 adalah opsional. Namun, jika Anda ingin meningkatkan kecepatan dan keamanan koneksi internet Anda, mengganti DNS dapat menjadi pilihan yang baik.

🔥 TRENDING :  Cara Connect iPhone ke Smart TV Samsung

2. Bagaimana cara memilih DNS yang andal dan aman?

Anda dapat mencari DNS yang direkomendasikan oleh penyedia layanan internet Anda atau menggunakan DNS publik yang terkenal seperti Google DNS atau Cloudflare DNS. Selalu lakukan riset sebelum memilih DNS yang akan Anda gunakan.

3. Apakah perubahan DNS berlaku untuk semua perangkat yang terhubung ke jaringan?

Perubahan DNS di Windows 10 hanya berlaku untuk komputer tersebut. Namun, jika Anda mengganti DNS melalui router, perubahan tersebut akan berlaku untuk semua perangkat yang terhubung ke jaringan.

4. Apakah saya perlu merestart komputer setelah mengganti DNS di Windows 10?

Tidak, Anda hanya perlu me-restart koneksi jaringan untuk menerapkan perubahan DNS. Anda dapat melakukannya dengan mematikan dan menghidupkan kembali Wi-Fi atau Ethernet, atau me-restart komputer Anda.

5. Apakah saya dapat mengembalikan DNS ke pengaturan awal?

Ya, untuk mengembalikan DNS ke pengaturan awal, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah di artikel ini dan pilih opsi “Obtain DNS server address automatically” di jendela “Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) Properties”.

Jadi, itulah panduan lengkap tentang cara ganti DNS di Windows 10. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda untuk meningkatkan koneksi internet Anda! Jika Anda memiliki pertanyaan lain, jangan ragu untuk menghubungi kami.