Cara Mengatasi Hp Samsung Tidak Bisa Disentuh

Hello Sobat PromoIndihome, mengalami masalah pada hp Samsung tidak bisa disentuh bisa menjadi masalah yang cukup menjengkelkan. Bagaimana tidak, ketika hp tidak bisa disentuh, maka semua aktivitas yang ingin dilakukan di dalam hp tersebut menjadi terhambat. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah hp Samsung tidak bisa disentuh.

1. Bersihkan Layar Hp Dari Kotoran

Seringkali masalah hp Samsung tidak bisa disentuh disebabkan oleh kotoran yang menempel pada layar. Kotoran tersebut dapat berupa debu, minyak, atau air. Untuk mengatasinya, cukup bersihkan layar dengan menggunakan kain yang lembut atau tisu basah. Pastikan kain atau tisu yang digunakan tidak terlalu basah atau kasar karena dapat merusak layar.

🔥 TRENDING :  Cara Screenshot Samsung A22 untuk Sobat PromoIndihome

2. Matikan Dan Hidupkan Kembali Hp

Metode ini seringkali menjadi solusi yang efektif untuk mengatasi masalah hp Samsung yang tidak bisa disentuh. Caranya, cukup matikan hp Samsung dan kemudian hidupkan kembali. Setelah dihidupkan kembali, cobalah untuk menyentuh layar hp. Jika masih tidak bisa disentuh, lanjutkan dengan metode berikut.

3. Bersihkan Cache Dan Data Aplikasi

Cache dan data aplikasi yang terlalu banyak dapat membuat hp menjadi lambat dan tidak responsif. Untuk mengatasi masalah hp Samsung tidak bisa disentuh, cobalah untuk membersihkan cache dan data aplikasi. Caranya, buka pengaturan, pilih aplikasi, kemudian pilih aplikasi yang ingin dibersihkan. Setelah itu, pilih opsi “bersihkan cache” dan “bersihkan data”.

4. Periksa Pengaturan Layar Sentuh

Jika masalah hp Samsung tidak bisa disentuh masih terjadi, cobalah untuk memeriksa pengaturan layar sentuh pada hp. Caranya, buka pengaturan, pilih opsi “layar” atau “layar dan suara”, kemudian pilih opsi “layar sentuh”. Pastikan opsi “sentuhan ganda” dan “sentuhan satu kali” sudah diaktifkan.

🔥 TRENDING :  Cara Screenshot Panjang iPhone

5. Reset Pengaturan Pabrik

Jika semua cara di atas belum berhasil mengatasi masalah hp Samsung tidak bisa disentuh, maka ada baiknya untuk melakukan reset pengaturan pabrik. Namun, sebelum melakukan reset, pastikan backup data-data penting terlebih dahulu. Caranya, buka pengaturan, pilih opsi “cadangkan dan setel ulang”, kemudian pilih opsi “reset pengaturan pabrik”.

Kesimpulan

Masalah hp Samsung tidak bisa disentuh bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti kotoran pada layar, cache dan data aplikasi yang terlalu banyak, atau pengaturan layar sentuh yang belum diaktifkan. Jika semua cara di atas belum berhasil, maka melakukan reset pengaturan pabrik dapat menjadi solusi terakhir. Namun, pastikan backup data terlebih dahulu sebelum melakukan reset. Semoga artikel ini dapat membantu Sobat PromoIndihome dalam mengatasi masalah hp Samsung tidak bisa disentuh.

FAQ

1. Apa yang harus dilakukan jika hp Samsung masih tidak bisa disentuh setelah melakukan reset pengaturan pabrik?

Jika hp Samsung masih tidak bisa disentuh setelah melakukan reset pengaturan pabrik, maka kemungkinan besar masalah tersebut terkait dengan hardware. Sebaiknya bawa hp ke tempat servis untuk diperbaiki.

🔥 TRENDING :  Cara Mengembalikan Kontak yang Hilang di HP Samsung

2. Apakah membersihkan layar hp dapat dilakukan menggunakan tisu kering?

Tidak disarankan untuk membersihkan layar hp menggunakan tisu kering karena dapat merusak layar. Sebaiknya gunakan kain yang lembut atau tisu basah.

3. Apakah reset pengaturan pabrik akan menghapus semua data pada hp?

Reset pengaturan pabrik akan menghapus semua pengaturan yang telah dilakukan pada hp, namun tidak akan menghapus data seperti foto, video, atau dokumen. Namun, sebaiknya backup data terlebih dahulu sebelum melakukan reset.

4. Apa yang harus dilakukan jika hp Samsung tidak merespons ketika disentuh?

Jika hp Samsung tidak merespons ketika disentuh, sebaiknya cek kembali apakah layar sudah dibersihkan dari kotoran atau belum. Jika sudah dibersihkan dan masih tidak merespons, coba matikan dan hidupkan kembali hp. Jika masih tidak merespons, cobalah untuk melakukan reset pengaturan pabrik.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!