Cara Mengembalikan Tampilan Desktop Seperti Semula Windows 10

Salam pembaca! Apakah Anda pernah mengalami masalah dengan tampilan desktop Windows 10 yang berubah tanpa diketahui penyebabnya? Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan membahas cara mengembalikan tampilan desktop seperti semula pada sistem operasi Windows 10 dengan langkah-langkah yang mudah diikuti.

1. Menggunakan Fitur Restore

Windows 10 memiliki fitur restore yang memungkinkan Anda mengembalikan tampilan desktop ke titik pemulihan sebelumnya. Caranya adalah sebagai berikut:

No.Langkah-langkah
1.Buka Control Panel dengan menekan tombol Start dan ketik “Control Panel” di kolom pencarian.
2.Pilih “Recovery” dan kemudian klik “Open System Restore”.
3.Pilih titik pemulihan sebelum perubahan tampilan desktop terjadi, kemudian ikuti petunjuk untuk menyelesaikan proses restore.

Kelebihan dari menggunakan fitur restore adalah Anda dapat mengembalikan tidak hanya tampilan desktop, tetapi juga pengaturan dan file sistem lainnya. Namun, kekurangannya adalah Anda mungkin kehilangan data atau pengaturan yang diubah setelah titik pemulihan.

🔥 TRENDING :  Cara Setting TV Sharp Tabung

2. Mengubah Pengaturan Tampilan

Jika Anda tidak ingin menggunakan fitur restore, Anda dapat mencoba mengubah pengaturan tampilan desktop secara manual. Berikut adalah langkah-langkahnya:

No.Langkah-langkah
1.Klik kanan di area kosong pada desktop dan pilih “Personalize”.
2.Pilih “Themes” dan kemudian pilih tema default Windows 10.
3.Periksa pengaturan lainnya seperti wallpaper, ikon, dan warna untuk memastikan semuanya kembali seperti semula.

Kelebihan dari mengubah pengaturan tampilan secara manual adalah Anda memiliki kontrol penuh terhadap tampilan desktop. Namun, kekurangannya adalah Anda perlu menghabiskan waktu untuk mengatur ulang semua pengaturan sesuai dengan preferensi Anda sebelumnya.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika kedua metode sebelumnya tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk mengembalikan tampilan desktop Windows 10. Beberapa aplikasi yang populer adalah Classic Shell, StartIsBack, dan Stardock Start10.

🔥 TRENDING :  Cara Flash LCD TV Toshiba 19HV10E

Kelebihan dari menggunakan aplikasi pihak ketiga adalah Anda dapat mengembalikan tampilan desktop dengan cepat dan mudah. Selain itu, aplikasi ini juga sering menyediakan fitur tambahan yang dapat meningkatkan produktivitas pengguna. Namun, kekurangannya adalah Anda perlu mengunduh dan menginstal aplikasi tambahan, yang dapat mempengaruhi kinerja dan stabilitas sistem operasi Anda.

Alternatif Lain

Selain langkah-langkah di atas, ada beberapa alternatif lain yang dapat Anda coba untuk mengembalikan tampilan desktop seperti semula pada Windows 10:

  • Menggunakan perintah PowerShell untuk mengatur ulang tampilan desktop.
  • Mengganti tema dengan tema kustom yang sesuai dengan preferensi Anda.
  • Menggunakan fitur “Refresh” atau “Reset this PC” untuk mengembalikan Windows 10 ke pengaturan awal.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang cara mengembalikan tampilan desktop seperti semula pada Windows 10:

1. Apakah saya akan kehilangan data saya jika menggunakan fitur restore?

🔥 TRENDING :  Cara Mengetahui Windows Berapa Bit

Tidak, fitur restore hanya mengembalikan pengaturan dan file sistem, tidak mempengaruhi file pribadi Anda.

2. Apakah saya perlu membayar untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga?

Beberapa aplikasi pihak ketiga mungkin berbayar, tetapi ada juga yang gratis. Pastikan untuk membaca ulasan dan memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Apakah langkah-langkah ini berlaku untuk versi Windows lainnya?

Langkah-langkah yang dijelaskan di artikel ini berlaku khusus untuk Windows 10. Untuk versi Windows lainnya, mungkin ada perbedaan dalam pengaturan dan fitur yang tersedia.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas cara mengembalikan tampilan desktop seperti semula pada Windows 10. Anda dapat menggunakan fitur restore, mengubah pengaturan tampilan secara manual, atau menggunakan aplikasi pihak ketiga. Pilihlah metode yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Jangan lupa untuk membuat cadangan data penting sebelum melakukan perubahan pada sistem operasi Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!